Minggu, 05 Agustus 2012

Yasushi Akimoto


Penulis lirik dan wakil rektor Kyoto University of Arts and Design. Semenjak masa SMA beliau telah menunjukkan kemampuannya sebagai pembuat acara, dan membuat naskah untuk acara seperti "The Best Ten" dan lainnya.
Sejak tahun 1983 beliau berhasil melahirkan karya-karya sebagai penulis lirik yang menjadi hit seperti "Kawa No Nagare No You Ni" yang dibawakan oleh Misora Hibari, "EXIT" oleh EXILE, "Umiyuki" oleh Jero (mendapatkan penghargaan pembuat lirik Jepang ke 41) dan lain-lain.
Pada 2011 Oricon Annual Single Top 5 Rank, seluruhnya diisi oleh lagu ciptaan beliau yang dibawakan oleh AKB48, dan semuanya berhasil menembus penjualan satu juta keping, sebuah rekor yang baru pertama kali terjadi dalam sejarah.
Salah satu singlenya yang berjudul "Flying Get" dianugerahi penghargaan Japanese Record Award ke 53.
Kegiatan beliau saat ini adalah menciptakan acara TV, perencanaan pembuatan film, menulis naskah (serial "Chakushin Ari" dan lain-lain), koran, majalah, dan sebagainya.
Sebagai penulis, karyanya adalah novel "Zou no Senaka"(diterbitkan oleh Fushosha), dan "Akimoto Yasushi Art no Susume" (Bijutsu Shuppansha), dan lain-lain.
Selain menjadi produser dari idol group "AKB48", "SKE48", "NMB48", "HKT48" dan "JKT48", beliau juga dikenal sebagai seorang creator yang bekerja sebagai frontliner.
"Chakushin Ari" telah dibuat versi remakenya oleh Hollywood, dan dirilis di Amerika pada Januari 2008 dengan judul "One Missed Call". Novel "Zou no Senaka" juga telah dibuat menjadi drama TV oleh JTBC di Korea Selatan, dan mulai ditayangkan pada April 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar